Selasa, 18 Oktober 2011

resume KSI

Pada resume kali ini saya akan  menjelaskan tentang E-bisnis dan E-Commerce. 
E-commerce melibatkan lebih dari satu perusahaan, dapat diaplikasikan hampir di setiap jenis hubungan bisnis.  
E-commerce adalah usaha untuk penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
E-bisnis adalah penggunaan IT dan komputer yang dilakukan oleh organisasi, individu untuk menjalankan dan mengolah proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan berupa keamanan, integrasi dan tingkat produktivitas. contoh dari e-bisnis adalah penyediaan berita dan distribusinya melalui media cetak dan juga internet. 
ada juga perbedaan antara E commerce sama E bisnis yaitu 
E-Commerce bagian dari E-Bisnis. 
Bagian yang satu adalah konsep yang sangat luas, sedang satunya hanya satu bagian kecil dari itu.
    Sistem Pengambilan Keputusan (DSS).  bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Tahap-tahap sistem pengambilan keputusan adalah :
Definisi masalah
§  Pengumpulan data atau elemen informasi yang relevan
§  pengolahan data menjadi informasi baik dalam bentuk laporan grafik maupun tulisan
§  menentukan alternatif-alternatif solusi 
Tujuan sistem pengambilan keputusan adalah :
1. Membantu menyelesaikan masalah semi-terstruktur
2. Mendukung manajer dalam mengambil keputusan
3. Meningkatkan efektifitas bukan efisiensi pengambilan keputusan

A.      E-business system
1.       Cross-functional system è melintasi batas-batas fungsi bisnis tradisional untuk memperkuat & meningkatkan proses bisnis di seluruh dunia perusahaan
2.       CRM memakai teknologi untuk:
a.       Menciptakan sistem perusahaan yang lintas fungsional
b.      Mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan
c.       Menciptakan framework dari web-enabled software dan database yang terintegrasi dengan proses bisnis lainnya
3.       CRM application:
a.      Contract & account management
·         Membantu sales, marketing, & service professionals
·         Menangkap  & melacak data pada masa lalu & direncanakan kontak dengan pelanggan sekarang dan prospek selanjutnya
b.      Sales
·         Menyiapkan tenaga penjualan dengan software dan data yang mereka butuhkan untuk mendukung & mengelola kegiatan penjualan
·         Cross-selling è mencoba untuk menjual pada pelanggan dari satu produk dengan yang terkait
·         Up-selling è mencoba untuk menjual pada pelanggan produk yang  lebih baik dari yang dicari
c.       Marketing & fulfillment è membantu marketing professionals menyelesaikan kampanye dan marketing
d.      Customer service & support
e.      Retention & loyalty programs
4.       CRM benefits
a.       Mengidentifikasi & menargetkan pelanggan terbaik
b.      Real time kustomisasi dan personalisasi produk layanan
c.       Melacak kapan pelanggan melakukan kontak ke perusahaan
d.      Memberikan pengalaman layanan pelanggan yang konsisten dan layanan yang unggul dan dukungan
5.       Reasons of CRM failures
a.       Kurang pemahaman dan persiapan
b.      Mengandalkan pada aplikasi untuk memecahkan masalah tanpa terlebih dahulu mengubah proses bisnis
c.       Stakeholder bisnis tidak berpartisipasi dan tidak siap
6.       ERP (Enterprise Resource Planning)
a.       Business benefits
·         Quality and efficiency
·         Decreased costs
·         Decision support
·         Enterprise agility
b.      Causes of failures:
·         Meremehkan kompleksitas pengembangan, planning, and practicing
·         Kegagalan untuk melibatkan karyawan yang terkena dampak dalam planning dan pengembangan
·         Coba melakukan terlalu banyak dan terlalu cepat
·         Kurang cukup pelatihan dalam tugas-tugas kerja baru
·         Kegagalan untuk melakukkan konversi data dan penggajian yang cukup
·         Ketergantungan yang lebih pada vendor ERP/perusahaan kosultan
7.       SCM (Supply chain management)
8.       EDI (Electronic data interchange)
9.       ECS
10.   HRM (Human resource management)
11.   ESS (Employee self-service)

1 komentar:

  1. itu kenapa ada yang di blok putih, jadi tidak terlihat apa yang tertulis disana.

    BalasHapus